Rabu, 31 Juli 2013

APAKAH ROH ITU?


            APAKAH ROH ITU?

PNEVMA/N.NEUTER;
1.angin,aliran udara,hembusan nafas
2.(analogi/figurative)roh
3.(manusiawai)jiwa rasional
4.(dengan implikasi)prinsip vital,disposisi mental dll
5.(ilahi)TUHAN<ROH KRISTUS<ROH KUDUS
Roh adalah suatu pribadi yang berpikiran,berperasaan,serta berkehendak.Ia suatu pribadi.iblis juga roh,ia suatu pribadi,demikian pula roh-roh lain,namun Roh adalah etintas berkepribadian yang tidak memiliki bentuk material yang bisa disentuh oleh tubuh jasmani manusia.
Kalau Alkitab berbicara mengenai roh,itu bukan hanya saja menunjuk kepada suatu pribadi,tetapi juga bisa spirit,semangat atau gairah.bagaimanapun,kualitas hidup seseorang sangat tercermin dari spirit yang di milikinya.
            Spirit seseorang pasti sangat terekspresikan oleh sikap hidup atau gaya hidupnya,SIKAP DAN GAYA HIDUP INI ditentukan oleh POLA BERPIKIRNYA,POLA BERPIKIR ini ditentukan oleh apa yang dikonsumsi pikirannya-apa yang didengar,dilihat,diajarkam kepadanya.
Contoh pemggunaan kata roh dalam arti gairah atau semangat ini tampak dalam 2korintus 11;4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.”kata roh disini tidak menunjuk pribadi,tetapi suatu sifat.Paulus hendak mengatakan bahwa klo seseorang mendengar Injil yang salah,maka sifat karakter kekristenannya pasti juga salah.injil yang salah membuahkan karakter yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.
Contoh lainnya dalam roma 12;11” Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.
Kerajinan dalam bahasa aslinya adalah spude berarti kecepatan
Kendor dalam bahasa  aslinya di tulis okneros artinya bergerak lambat,tidak aktif.
Bernyala-nyala artinya zeo mengandung arti panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar